Monday 20 June 2022

Live in Japan: 9 Kebiasaan Orang Indonesia yang Wajib di Adjust

Selamat datang di Kobe, Haygo, Jepang.
sampai berjumpa lagi

sekali lagi!
Postingan ini benar-benar unik. Bagaimana cara kerjanya? Mengapa saya menulis artikel ini di Jepang? Akhirnya, dengan sekuat tenaga, saya akhirnya bisa mewujudkan salah satu impian terbesar saya - pergi ke Jepang untuk belajar. Saya melanjutkan studi pascasarjana di Universitas Kobe menggunakan Beasiswa LPDP (baca artikel di sini untuk informasi lebih lanjut).


Pemandangan malam dari kolom kota Kobe

Saya tidak percaya saya telah berada di Jepang selama 2 bulan. Saya belajar banyak dalam dua bulan pertama. Semuanya adalah proses adaptasi. Saya adalah warga negara Indonesia dengan segala macam tradisi, dan sekarang saya harus membiasakan diri dengan Jepang, meskipun masih di kawasan Asia, memiliki "adat" yang sangat berbeda dengan Indonesia. Nah, pada poin ini saya akan menjelaskan apa yang bisa kita fokuskan dalam latihan kita.

Kita harus memahami bahwa Jepang adalah negara kaya dengan segala macam sistem modern. Bahkan, jangan heran jika orang Jepang memiliki sifat "load-ungguh" atau "oriental" dan perilakunya mirip dengan orang Indonesia (mirip dengan orang Jepang). Namun, mereka masih memiliki perspektif modern tentang karakter timur, kita harus memahami ini. Sebagai orang Indonesia, sikap dan perilaku saya tidak terlalu modern, sehingga saya merasakan “kejutan” budaya atau culture shock, yang sayangnya tidak terlalu buruk. Makanya saya paparkan di sini budaya Indonesia yang benar-benar menimbulkan "kejutan budaya".

Apa masalahnya?

1 kali!


Tentu saja, itu mungkin. Dimana orang Indonesia yang tidak memiliki program ban? sedikit!
Waktu sangat mahal di Jepang. Angkutan umum juga sangat disiplin, bagian dari margin kesalahan kedua (walaupun terkadang bisa tertunda beberapa menit). Sering berganti kereta Keterlambatan beberapa menit dapat mengubah jadwal perjalanan kita. Perkiraan waktu perjalanan bisa sangat berbeda.
Waktu stasiun sangat akurat. Atur waktu JST atau waktu standar Jepang.
Untuk menghindari ketinggalan kereta, gunakan keamanan situs untuk memastikan jam tangan Anda menunjukkan JST. Itu penting!

Apalagi jika kita sependapat dengan orang Jepang. Poin yang kami sebutkan dalam kontrak adalah waktu kapan program kami akan dilaksanakan. Misalnya, jika kita berencana untuk bertemu dengan supervisor pada pukul 10:00, kita harus berada di ruang kontrol pada pukul 10:00, bukan hanya pada pukul 10:00. Selalu siap setidaknya 10 menit sebelumnya. Lebih baik tinggal di depan ruang kontrol 10 menit sebelum janji temu. Hal yang sama selalu terjadi saat kita melihat adegan, bioskop, dan sejenisnya yang disetting minimal 5 menit sebelumnya.

Bisa dimaklumi kalau orang Jepang akan sangat kesal jika ada penundaan, jadi jangan mudah untuk menunda, apalagi jika Anda tidak menyesalinya.

Saran saya, jangan lakukan itu, ini bukan Indonesia.


2. Pelunasan hutang


Ini sangat penting untuk anak perempuan.
Di Indonesia, kami berlatih untuk melihat semua jenis harga dengan banyak angka nol. Jika Anda mendapatkan harga rendah, Anda akan senang. Nah, itu terjadi pada saya. Saya pikir tiket kereta api 1000 yen lebih murah. Namun, itu tidak murah sama sekali. Sama halnya ketika Anda berbelanja di supermarket. Lihatlah pot 8000 yen dan dapatkan peralatan dapur lainnya sekarang. Lihat apakah item tersebut berharga beberapa ribu, dapatkan ping segera. Pergi ke mana-mana seharga 20.000-30.000 yen, karena biasanya bepergian dengan biaya 20.000-30.000 rubel. Tahukah Anda bahwa 20.000 yen adalah jumlah uang yang sangat besar? Karena itulah terkadang mereka suka bersikap ekstrim saat berbelanja. Atau Anda tidak selalu harus bepergian dengan kereta api, Anda tidak selalu harus bepergian dengan kereta api, karena terkadang jaraknya tidak terlalu tinggi. Harga 3.000 baju dianggap murah, nyatanya harganya kurang dari 3.000, kualitasnya hampir sama. Di Indonesia lebih murah karena menurut Anda lebih murah dari ribuan, bukan? - Tapi itu berbeda di sini.
"Hanya" 1080 yen untuk gunting kuku. Mahal atau murah, bukan?

Mengkonversi ke rupiah sama dengan membeli. Jangan selalu mengubah harga menjadi rupiah, karena terlihat terlalu mahal. Mungkin lebih murah dari harga standar di Jepang. Misalnya kita membeli cover handphone seharga 2.000 yen, sedangkan di Indonesia kita bisa membeli handphone hanya dengan 1.000 yen atau sekitar 100.000 yen, artinya kita membeli barang yang lebih mahal. Padahal, jika diperhatikan lebih dekat, 2.000 yen sudah lebih murah.

Saran saya untuk beberapa bulan pertama, Anda harus berbelanja (berdagang) secara teratur untuk mempelajari harga dan mata uang di sini. Lagu adalah yang terbaik ketika Anda bertemu toko termurah di industri. Dan perlu diingat bahwa ada pajak 8% untuk barang yang dijual di Jepang. Jadi jangan salah paham dengan harganya!

3. Tekanan paksa: air dan panas

Tidak seperti di Indonesia, harga air dan listrik di Jepang "sangat tinggi". Saya menyukai permainan air karena sumber air di rumah saya adalah sumur. Yah, tidak ada sumur di Jepang, jadi jaga konsumsi air Anda tetap normal. Rata-rata, orang Indonesia berjuang dengan ini karena kami menggunakannya untuk irigasi gratis. Air di sini disaring dengan baik, jadi penggunaannya harus sangat hati-hati. Termasuk untuk toiletnya. Mandi sekali sehari bukan berarti kotor lho, ingat air itu mahal.

Hal yang sama berlaku untuk listrik. Dia pasti bisa diabaikan - kecuali dia seorang teknisi yang tahu apa yang dia lakukan. Karena jika kemewahan ini dibuka setiap hari, uang ringan kita pasti akan meledak. Saat musim berubah, cobalah untuk tidak berlebihan, percayai alat ini.

Yah, April benar-benar musim semi, tapi menurutku cuacanya masih dingin. Tapi saya belum menaikkan suhu bulan ini. Hanya dilengkapi dengan selimut dan gaun panjang. Saran saya untuk menghindari cuaca buruk, Anda perlu tahu cara mengatasi cuaca buruk, sangat sulit bagi makhluk tropis seperti saya. Tapi Anda bisa melakukannya segera. Atau pergi ke mal seperti mal kami atau lab atau fakultas kami. Lumayan, panas/dingin bisa berkendara dengan leluasa.

4. TETAP dong!

Di mana pun. Hukumnya sama. Persiapkan dengan baik. Ada berbagai jenis ketika Anda pergi ke kasir untuk membayar makanan sebelum naik kereta, ketika Anda duduk di atas skuter. Berhati-hatilah, biasanya ada tanda di suatu tempat di barisan. Tidaklah wajar untuk mematahkan kurva. Jadi jangan sampai itu terjadi. Ingat, ini bukan Indonesia. Orang Jepang sangat terorganisir dan suka memesan. Prinsip mereka adalah melakukan segala kemungkinan untuk tidak mengganggu orang lain. Jadi perlu diingat bahwa antrean panjang memang menyebalkan, tetapi juga berguna untuk membantu orang lain.
Hanya berdiri di atas perancah harus diatur dengan baik. Jika ingin berhenti, tetap di kanan, sabuk kiri digunakan untuk tergesa-gesa. Terkadang kelas ini sedikit berbeda di daerah lain, misalnya di Tokyo, menurut pengalaman teman saya, profesinya tepat.

Kalau mau naik kereta harus antri ya?

Saran saya adalah mencari gejala yang ada secara rutin.

5. Selalu periksa tandanya

Nah, di Jepang, semua instruksinya sangat sederhana. Beberapa cocok untuk orang asing. Misalnya, rambu jalan, petunjuk arah kereta api, rambu tali, dll. Berbeda dengan di Indonesia, lebih baik bertanya daripada membaca petunjuk. Bahkan, terkadang lebih baik bertanya karena instruksinya ditulis dalam bahasa Jepang. Namun, instruksi tujuan umum biasanya sederhana dalam dua bahasa (sama dalam bahasa Inggris)
Rambu ini menunjukkan letak kabel saat memasuki kereta. Setiap jenis kereta memiliki tempat dalam antrian. Usahakan selalu untuk mengikuti aturan tersebut agar tidak diatur dan tidak mengganggu orang lain.

Meskipun kebanyakan orang Jepang tidak berbicara bahasa Inggris, mereka sangat baik dan membantu orang asing. Jika Anda tidak memahami instruksi dengan benar, saran saya adalah bertanya. Tetapi jika Anda mengajukan pertanyaan besar, Anda tidak dapat menjelaskan, kami tidak mengerti, bukan? Jadi, kalau ditanya jangan terlalu khawatir, karena terkadang orang Jepang puas hanya jika kita memahaminya dengan benar, jadi mereka menggunakan segala cara sampai kita mengerti, meski memakan waktu lama...

6. Langkah Langkah:


Itu sudah menjadi kebiasaan. Sangat umum untuk berjalan selama 30 menit di satu tempat. Jangan kaya di Indonesia, belanja di seberang jalan naik motor. Jika demikian, ada risiko kegagalan. Terkadang Anda bisa berjalan kaki ke 1 atau 2 stasiun. Jika Anda bepergian dari satu stasiun ke semua kereta atau bus, pastikan untuk meningkatkan biaya transportasi. Apalagi kalau punya mobil, pikirkan bukan hanya soal bahan bakar, tapi juga soal biaya parkir yang tidak semurah di Indonesia.
Rata-rata, saya berjalan hingga 9.000 kaki sehari. Sesuatu yang sangat tidak biasa terjadi selama saya berada di Indonesia.
Rekor terakhir saya adalah berjalan 28.000 langkah sehari.

Saran saya dalam banyak hal. Jika Anda tidak punya waktu untuk berolahraga, jalan saja. Menyenangkan sehat.

7. Tanggung jawab atas limbah

Di mana pun. Ada berbagai jenis sampah di tempat umum, pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya, jangan asal-asalan. Terutama di daerah. Pastikan sampah dibuang dengan benar. Dan sampah harus sesuai jadwal, bukan?

Hal yang sama berlaku di tempat-tempat umum. Pastikan Anda membuang sampah pada tempatnya.

Saran saya adalah mempelajari dengan benar jenis sampah yang paling umum: insinerator, kotak, botol, hewan, sampah besar.

8. Sumigazda Arigatu

Terima kasih Dua hal penting. Seperti yang saya katakan sebelumnya, identitas Jepang masih sangat oriental, dua kata ini sangat penting. Di lift, orang seperti itu selalu mengatakan "dekat dengan kunci lift" (karena orang itu membuka/menutup pintu dan menekan tombol lantai). Mereka yang masih di dalam lift sering berkata, "Maaf, saya akan segera pergi." Sama halnya ketika kamu bertemu seseorang, jangan lupa untuk meminta maaf. Label semacam itu masih banyak digunakan di Jepang. Dan kagumi Gaijoku (Gaikoku-jin alias orang asing) yang memahaminya dengan benar.

9. Jangan bicara, ya Tuhan.

Jepang adalah negara yang sangat tenang. Daerah ini sangat tenang. Karena mereka memiliki prinsip "jangan ganggu orang lain". Jadi kita harus memperhatikan perasaan mereka, bukan mengatakannya dengan keras untuk mengganggu orang lain. Sebagai orang Indonesia yang "sibuk", terkadang saya sulit mengontrol keinginan saya untuk berada di masyarakat. Tapi percayalah, jika Anda tidak berbicara terlalu keras, Anda akan lebih menyukainya.
Ada banyak orang di dalam mobil, tetapi suasananya tenang. Rata-rata orang Jepang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca di kereta, belajar, dan menggunakan ponsel (hanya dengan membuka media sosial, game, atau portal berita). Ada speaker yang jelas, tapi tidak banyak.

Saran saya adalah berbicara hanya di tempat yang paling ramai dan di kereta, yang sebenarnya tidak termasuk dalam daftar "tempat ramai".

Jalan di kawasan perumahan Jepang, SEPI ABISSS
Semuanya benar! Masih banyak lagi yang ingin saya bagikan dengan blog ini, pasti seru dan seru.

Jadi inilah posting saya berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Kyari Pamyu Pamyu is my new STYLE

No matter how effective I am in the article, I want to stay in the hospital for a long time, aura is often "unhappy". There are so...