Wednesday 1 June 2022

Memulai S3 dari "nol": bisakah?

Sebelumnya, ketika saya pertama kali “menyelam” ke kolam S3, saya sangat canggung karena teman-teman saya yang lain sangat berbatu dan berpengalaman. Ketika saya? Hampir nol, tidak ada pengalaman, tidak ada pencapaian ilmiah sebelumnya, tidak ada master. Awalnya saya kecewa dan sedih karena saya tidak magang di Aspen sebelum mendapatkan gelar doktor .

Namun, ternyata dengan bermodalkan nol akhirnya saya bisa mendapatkan gelar doktor dalam waktu 4 tahun 1 bulan di Jepang yang lingkungan akademiknya dikenal “keras”. Nah, jelas selalu dengan pengalaman pasang surut. Ternyata, aku juga tahu kalau kamu menyukai teman lain yang lebih keren.

Mulai dari awal

Kami akan selalu memulai dari awal

Dengan setiap tahapan baru, dengan setiap pilihan baru, bahkan jika kami memulai pelatihan tingkat baru, baik itu S2, S3 atau PPDS untuk dokter, kami selalu memulai dari awal.

Suatu hari seorang senior di lab saya berkata, "Lebih mudah mengisi gelas kosong daripada gelas penuh." Lebih mudah mengajar orang yang siap realisasi daripada mereka yang sudah merasa sadar.

Ada berbagai tipe orang yang cenderung “merasa sudah tahu” atau, lebih berbahaya lagi, “berpikir mereka pintar” ketika mereka belajar. Meskipun saat ini saya merasa bodoh dan tidak berguna, cangkir kosong saya ternyata lebih mudah untuk diisi.

Saya juga mendengar nasihat yang sama dari seorang ahli (yang juga seorang guru) yang menceritakan pengalamannya ketika cangkir terlalu penuh sehingga tidak diambil oleh PPDS. Rupanya, hukum yang sama berlaku di mana-mana .

Karena di setiap jenjang pendidikan kita akan selalu belajar sesuatu yang baru . Jadi jika cangkir kita terlalu penuh, di mana kita akan menghabiskan pelajaran terakhir? Jadi cangkir yang sedikit kosong tidak selalu buruk.

Memulai dari awal bukan berarti tanpa latihan

Memulai dari awal bukan berarti kita akan memulai di atas rel. Saya membaca ulang buku-buku utama tentang biologi, mempelajari kembali metode penelitian dan tentu saja hal-hal yang berkaitan dengan lab masa depan saya sebelum memulai PhD saya.

Ketika kita memulai sesuatu dengan persiapan, akan lebih mudah bagi kita untuk mempelajari hal-hal baru yang telah kita pelajari. Ini seperti menutupi cangkir dengan air tanpa mengisinya. Jadi kita tidak heran bila kita mendapatkan air sadah.

Perasaan terpenting yang tidak saya mengerti sebelum lulus dari sekolah adalah: jika pelatihan Anda buruk, maka pelatihan Anda buruk, tidak apa-apa . Jangan menyerah pada semangat, ketakutan dan jangan kehilangan kepercayaan. Ini masih bisa diperbaiki. Dia mengambil sesuatu yang baru, sulit untuk menjadi 100% akurat dalam pelatihan kami. Penting untuk berusaha.

Karena tanpa latihan, tanpa usaha sebenarnya kita sudah menunjukkan hasil yang pada dasarnya menunjukkan seberapa jauh kita bisa melangkah. Dan biasanya tidak akan terlalu jauh.

Tetapi pelatihan diperlukan. Tidak perlu mengisi cangkir Anda sampai penuh dan membawanya ke tingkat pendidikan yang baru.

Setiap orang memulai dari titik yang berbeda, jadi mengapa membandingkan?

Dalam kasus saya, katakanlah saya mulai dengan poin 0,5. Tapi ada orang lain yang sudah berada di titik 2. Pada akhirnya kami berdua berada di titik 10. Selama perjalanan saya pulang ke rumah +9,5 ketika semua orang +8. Jadi memulai dari awal tidak selalu berarti buruk, bukan?

Mungkin sangat tidak menyenangkan ketika kami pertama kali menyadari siapa saya ketika saya memulai studi saya. Saya merasa buruk, bodoh dan benar-benar ditinggalkan. Apalagi menengok ke belakang, semuanya sudah ada di poin 2. Meski tidak ada salahnya memulai dari awal. Yang terpenting, kami akan fokus untuk mencapai titik akhir, mendapatkan hal positif sebanyak mungkin.

Saya biasa berbicara tentang frustrasi membandingkan diri saya dengan orang lain . Faktanya, ketika Anda membandingkan orang yang memulai dengan langkah 2, ketika orang mengatakan itu bukan apel untuk apel . Membandingkan apa yang tidak bisa dibandingkan tidak ada gunanya.

Jadi, alih-alih menghadapi diri sendiri, bersiaplah untuk mengisi cangkir sampai rusak, dan dapatkan hasil positif sampai macet! Bukankah itu benar?


Jadi, menurut pengalaman saya, jangan pernah merasa minder dan minder hanya karena pengalaman Anda, pengetahuan Anda selalu jelek atau jelek ketika Anda memulai jenjang pendidikan yang baru. Jangan fokus pada itu!

Sebagai orang yang berpikir memulai dari awal, kita perlu fokus pada diri kita sendiri, tujuan kita adalah memaksimalkan isi cangkir dan mengisi poin terakhir. Satu-satunya hal yang perlu kita bandingkan adalah titik di akhir dan titik di awal, bukan titik orang lain .

Setiap orang memulai dengan cara yang berbeda, berakhir dengan cara yang berbeda. Fokus hanya pada diri Anda sendiri, pada perkembangan Anda.

Jadi apakah mungkin untuk mem-boot S3 dari awal?
KOTAK.


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Kyari Pamyu Pamyu is my new STYLE

No matter how effective I am in the article, I want to stay in the hospital for a long time, aura is often "unhappy". There are so...