Tuesday 31 May 2022

Apa yang saya dapatkan dari sebuah "acceptance"?

diterima


Pernahkah Anda mendengar model adegan berkabung Kubler Ross? Anda mungkin sudah tahu dari tahap "penolakan" hingga "penerimaan", bukan? Saya juga mempelajari ini di masa lalu di Pusat Psikiatri, tetapi sekarang saya telah merasakan manfaat dari "rawat inap."

Hari ini saya baru saja membaca sebuah artikel oleh @brojabroo Danar Jawa Timur yang berpengaruh yang dikenal dengan gayanya yang luar biasa dijuluki "Jabro" Febiansyah. Dalam storynya di IG, ia menanggapi DM seorang penonton yang menanyakan apakah ia sedih hingga menangis.

Sebagai pengikut Jabro, saya sudah lama mendengarkan tweetnya, dan saya sering mendengar cerita tentang bagaimana dia menghabiskan makanannya, seperti "membagi piring menjadi tiga kali makan" atau tidak makan. Namun, teruslah bekerja pada penjualan ini, pada dasarnya istilah itu benar-benar "gila".

Ya, ini menjawab pertanyaan apakah pemirsa Jabro pernah sedih atau kesal, karena ia mengaku selalu menghargai dan menerima apa yang dimilikinya . Mendukung binaraga, kebahagiaan, keluarga, persahabatan, semuanya ada di tangan.

Dia juga mengaku tidak pernah berdamai dengan dirinya sendiri karena tidak pernah bertengkar dengannya. Karena dia menerima keadaan dan dirinya apa adanya.

@brojabroo instagrametik


Ini mungkin terdengar konyol , tetapi selama setahun terakhir, saya juga merasakan kegembiraan menerima diri sendiri dan memasuki tahap menerima kesedihan yang saya alami.

Setelah sekolah adalah tahap yang sangat penting. Ada spesialis S1, S2, S3 sepulang sekolah dan sepulang sekolah. Pada fase “pasca pelatihan”, biasanya kita masih sangat idealis, masih sangat bangga dengan gelar baru kita, dan masih sangat naif dalam menentukan pekerjaan/langkah kita selanjutnya. Dan terkadang tidak sesuai dengan realita yang ada.

Akhirnya, tidak hanya saya, tetapi bahkan beberapa teman saya "sepulang sekolah" "gagal" dan mulai meratapi kematian Kubler Ross. (Pembahasan drama “After Upbringing” sangat lucu, mungkin akan saya bahas di artikel lain).

Untuk waktu yang lama, saya merasa tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang saya inginkan. Pada akhirnya, saya tidak menghargai pekerjaan yang saya lakukan. Saya merasa lelah setiap hari dan saya punya uang.

Setelah berubah pikiran, saya menemukan beberapa penerimaan :

1. Saya mengubah kecemburuan saya menjadi kegembiraan untuk mendapatkan kecemburuan saya.

Saya membuka Instagram secara teratur dan merasa sangat hangat dan sangat cemburu ketika saya melihat orang lain yang lebih sukses dari saya. Alih-alih melepaskan kehangatan dan emosi itu, saya menggunakan energi ini untuk mencapai apa yang saya iri.

Misalnya, jika saya iri pada teman yang memiliki perangkat baru, alih-alih iri padanya, saya menghabiskan waktu dan energi saya untuk bekerja berdampingan sehingga saya punya cukup uang untuk membeli gadget. Ini hanya sebuah contoh (karena saya tidak terlalu tertarik dengan perangkat baru). Tapi sepertinya dia bisa mendapatkan apa yang aku iri sekarang.

2. Saya mengubah energi kemarahan saya menjadi pembangkit energi.

Ketika saya tidak mengerti sesuatu, alih-alih marah selama berhari-hari, saya mentransfer emosi saya ke hari pertama dan mengubah energi itu menjadi hobi . Walaupun sekarang adik saya sudah beranjak dari hobi ini, namun usaha kecil saya telah berhasil menghasilkan kotak yang sangat bagus.

3. Fokus pada prioritas.

Itu telah banyak membantu saya dalam perjalanan saya menuju dewasa dan bahkan sekarang dalam hidup saya. Saya tidak dan tidak mudah menyesali satu kegagalan. Memang benar gagal, yang penting prioritas tetap menjadi prioritas.

4. Berdiri untuk diri sendiri.

Ingatlah bahwa mulai sekarang semuanya adalah pengembangan pribadi. Bukan orang lain. Jadi, Anda tidak perlu membandingkan diri Anda dengan orang lain. Bandingkan saja siapa kita hari ini dan jawab pertanyaannya: seberapa banyak yang telah kita pelajari dan tumbuhkan?

Jadi apa yang bisa saya dapatkan dari "penerimaan"?

Setelah mengubah mentalitas saya, saya menjadi lebih "nrimo". Saya tidak lagi fokus pada kegagalan . Saya tidak lagi fokus pada ambisi tanpa akhir, saya mengubah prioritas saya dari waktu ke waktu. Saya lebih mencintai diri saya sendiri karena saya melihat bahwa saya tidak lagi seperti dulu. Saya belajar banyak dan berkembang!

Saya lebih bersyukur . Apa yang tampak "melelahkan dan anggaran rendah" bagi saya adalah pekerjaan yang memungkinkan saya untuk lebih kreatif dalam bekerja. Malahan saya mendapat tawaran pekerjaan yang lebih baik (walaupun saya tidak langsung menerima tawaran itu karena kembali ke prinsip prioritas). Penerimaan benar-benar membuka kemungkinan baru .

Saya juga sekarang menerima diri saya yang biasa lebih dari diri saya yang istimewa . Bahkan sekarang, saya merasa lebih nyaman sebagai orang normal, karena kita bisa menyebarkan kebaikan, meskipun kita bukan orang biasa di mana-mana.

Jadi jangan biarkan fase penyangkalan, kemarahan dan bahkan lebih sedikit depresi. Ada panggung resepsi yang luar biasa. Jika perlu, segera lakukan langkah konfirmasi ini. Jika Anda merasa kesulitan, ingatlah bahwa ada psikiater dan psikolog yang siap membantu Anda selama fase penerimaan .

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Kyari Pamyu Pamyu is my new STYLE

No matter how effective I am in the article, I want to stay in the hospital for a long time, aura is often "unhappy". There are so...